-->

07 November 2012

Sistem Tingkatan untuk Qualcomm Processor Snapdragon S4




Qualcomm tahun lalu mereorganisasi bagaimana menamakan prosesor Snapdragon dan membaginya ke dalam seri yang berbeda. Snapdragon S1 mewakili chip generasi pertama yang ditemukan di HTC Nexus One, kemudian ada S2 dan S3, diikuti oleh S4 yang saat ini ditampilkan dalam hampir setiap ponsel 4G LTE di Amerika Utara.
Pada awalnya hal ini kelihatan sederhana kita cukup mereferensikan seri chipnya daripada harus memanggil nomor modelnya seperti MSM8960. Tapi pada kenyataannya, Ketika penggemar Android mendengar "Snapdragon S4" mereka berpikir tentang chip super cepat yang ditemukan pada HTC One X dan Samsung Galaxy S III, Padahal sebenarnya ada empat tingkatan yang berbeda dari chip S4 dan mereka tidak semua diciptakan sama.
 Sebuah contoh sempurna adalah Snapdragon S4 Play, yang terdapat dalam Desire HTC X yang baru. Yang terbayang adalah "S4" dan berpikir mereka mendapatkan Qualcomm Krait CPU 28nm yang terbaru dan Adreno GPU yang lebih cepat, tapi chip ini menggunakan teknologi yang lebih lama yaitu 45nm dan Cortex-A5 CPU dan GPU Adreno 203 yang lebih lambat.

Kurang lebih, saat ini ada 15 model Snapdragon S4 yang berbeda dan hal yang sulit untuk mengikuti perkembangannya. Kebanyakan pembeli smartphone mungkin tidak peduli prosesor apa yang ada di dalam  ada teleponnya, tapi jika Anda membaca blog ini maka Anda akan lebih mengerti apa yang ada pada telepon anda.
 Qualcomm memecah sistem tingkatan Snapdragon baru , dari mulai entry-level hingga high-end sbb:

 

Prime - Snapdragon S4 Prime prosesor ini akan menjadi kekuatan "enhanced smart TV experiences" - termasuk kemampuan terbaru audio/video, browsing web murni dan aplikasi yang lebih kuat - memberikan komitmen Qualcomm agar konsumen tetap terus menerus tersambung ke perangkat favorit mereka, konten dan aplikasi. Prosesor dalam tingkatan S4 Prime adalah Snapdragon S4 Prime MPQ8064 prosesor, featuring 1.5GHz quad-core CPU - berbasis Qualcomm Krait mikro-arsitektur - Adreno 320 grafis dan kemampuan terbaru audio / video, memberikan pengguna ponsel pengalaman ponsel dengan kinerja tertinggi dengan konsumsi daya lebih sedikit.

Pro – Snapdragon S4 Pro prosesor featuring Adreno 320 GPU dan dukungan untuk menampilkan resolusi yang lebih tinggi, serta kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak dengan kelas S4. 320 Adreno GPU yang bisa diprogram dengan kinerja yang tinggi, memberikan pengalaman yang superior untuk browsing Web, permainan, user interface, dan aplikasi grafis lainnya. 320 Adreno juga menanamkan versi Pro S4 dengan kemampuan multimedia terbaru, termasuk computational kamera - kemampuan membuka jalan langsung ke dalam kemampuan komputasi dari Adreno 320 GPU melalui API baru seperti OpenCL, untuk bisa digunakan pada generasi berikutnya seperti  kamera light-field untuk perangkat mobile. Dalam mendukung generasi berikutnya dari grafis 3D APIs, Adreno 320 akan menampilkan efek grafis 3D yang lebih realistis melalui akselerasi hardware fitur canggih seperti render instancing, query oklusi dan multiple target render. Adreno 320 juga mencakup perangkat keras yang didedikasikan untuk mempercepat Windows dan sepenuhnya mendukung engine game teratas di industri dari Unity, Epic dan lain-lain. Prosesor dalam tingkatan S4 Pro termasuk APQ8064 dan MSM8960T (versi Pro dari MSM8960).

Plus - prosesor Snapdragon S4 Plus membawa pemrosesan aplikasi luar biasa dan kecepatan koneksi internet 3G dan 4G terdepan, yang memungkinkan OEM untuk memperkenalkan perangkat berbasis-S4 dengan arsitektur generasi mendatang seluler di seluruh peta jalan masing-masing perangkat - dari smartphone basic hingga smartphone dan tablet high-end. Prosesor S4 terkini juga dioptimalkan untuk penggunaan dengan perangkat lunak suite yang tersedia dari Qualcomm untuk membantu memungkinkan OEM untuk memberikan industri terkemuka fitur set untuk multimedia, konektivitas, kamera, layar, keamanan, manajemen daya, browsing dan alami desain antarmuka pengguna. Prosesor di tingkatan S4 Plus termasuk MSM8960, APQ8060A, MSM8660A, MSM8260A, APQ8030, MSM8930, MSM8630, MSM8230, MSM8627 dan MSM8227. 

Play - Prosesor Snapdragon S4 Play dirancang khusus untuk smartphone volume-tinggi . Prosesor di tingkat S4 Play meliputi MSM8625 dan MSM8225. Kedua chipset menyediakan CPU dual-core yang beroperasi sampai dengan 1,2 GHz, Qualcomm GPU, Adreno 203  dan modem 3G terintegrasi. chipset MSM8625 dan MSM8225 dirancang untuk hardware dan software yang kompatibel dengan chipset MSM7x27A dan keluarga MSM7x25A, memberikan produsen perangkat kemampuan untuk bermigrasi dengan mulus Snapdragon berbasis desain S1 yang ada ke dual core berbasis desain S4. Kemampuan ini sangat berguna bagi produsen perangkat untuk efisien memperluas lini produk smartphone mereka dengan produk smartphone 3G yang lebih maju dan lebih mampu.


2 comments: